Halaman

Senin, 18 April 2011

OKSIGEN DAN PROSES OKSIDASI

Dalam system periodic,oksigen terletak pada golongan IVA.Oksigen dengan 8 elektron merupakan unsur terbanyak di bumi.Makhluk hidup memerlukan oksigen untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya,termasuk bakteri anaerob yang tidak dapat menggunakan oksigen secara langsung.
1. Oksigen di alam
Unsur oksigen di alam dalam keadaan bebas dan dalam bentuk senyawa…Dalam keadaan bebas,oksigen berwujud gas yang merupakan senyawa kovalen diatomic (O2)dengan ikatan rangkap dua di dalamnya..Unsur oksigen mudah bereaksi dengan semua unsur,kecuali dengan beberapa gas mulia..
2. Sifat sifat oksigen
 Sifat-sifat fisik
Gas oksigen adalah gas yang tidak berbau,tidak berwarna,tidak berasa dan mendidih pada suhu -1830C dan membeku pada suhu -2190C.
 Sifat-sifat kimia
Atom oksigen dengan konfigurasi electron (He)2s22p4 memerlukan 2 elektron untuk mencapai konfigurasi electron gas mulia..Oleh karena itu,bilangan oksidasi oksigen dalam senyawa ion dan senyawa kovalen bervalensi 2,kecuali pada senyawa peroksida=1..
Oksigen adalah oksidator yang dapat mengoksidasi logam dan nonlogam menjadi oksidanya..Oksida logam merupakan senyawa ionic dan oksida nonlogam merupakan senyawa kovalen..
Pembuatan oksigen dalam industry dengan cara sulingan bertingkat udara cair dan elektrolisis air..Sedangkan dalam laboratorium gas oksigen dapat dibuat dengan cara memanaskan oksida-oksida logam atau garam KClO3 dan KNO3..
3. Kegunaan oksigen
a) Oksigen digunakan untuk pernafasan semua makhluk hidup
b) Gas oksigen digunakan dalam proses pembakaran…Campuran gas oksigen dengan gas asetilin dapat menghasilkan panas yang sangat tinggi,sehingga digunakan untuk pengelasan dan memotong logam..
c) Dalam industry kimia,oksigen digunakan untuk membuat sejumlah senyawa kimia dan sebagai oksidator..
d) Gas oksigen cair digunakan sebagai bahan bakar pesawat ruang angkasa..
4. Ozon
Ozon adalah alotrop oksigen dengan rumus kimianya O3..Molekul oksigen dengan 3 atom oksigen ini disebut ozon.Ozon berbau dan terbentuk dari gas oksigen pada suhu yang tinggi..ozon di atmosfer terbentuk jika terjadi kilatan petir..
Gas ozon dapat menyerap sinar ultraviolet.Di atas atmosfir bumi terdapat lapisan ozon dengan ketinggian 15-24 km..Ozon berfungsi sebagai pelindung bumi dari radiasi sinar ultraviolet/sinar x.
Ozon merupakan oksidator kuat,lebih kuat dari O2..Gas ozon dibuat dengan jalan mengalirkan gas oksigen murni pada kilatan bunga api listrik,dalam alat ozonisator..
Karena sifat oksidatornya sangat kuat,maka gas ozon digunakan sebagai desinfektan pada air,sebagai pengganti klor..Ozon digunakan sebagai bahan pemutih karena dapat mengoksidasi zat warna..

5. Senyawa-senyawa oksigen yang penting
a) Air (H2O)
Air merupakan senyawa oksigen yang terpenting dalam kehidupan manusia..Air adalah zat cair jernih berwarna kebiru-biruan..Air adalah pelarut yang baik bagi banyak zat,sehingga tak terdapat air yang murni..
Air sangat besar peranannya dalam industry.Jika air terlalu banyak mengandung garam-garam Ca,Mg,Fe terlarut dikatakan air sadah..

Oksigen banyak memberikan keuntungan bagi manusia,tetapi di sisi lain juga memberikan kerugian..Secara umum Zat yang bergabung dengan oksigen disebut mengalami oksidasi..Reaksi oksidasi dapat menyebabkan kerusakan mutu pada makanan..
Proses oksidasi menyebabkan kerusakan mutu pada makanan berupa timbulnya aroma yang tidak disukai,berubahnya warna makanan,rusaknya sebagian gizi termasuk vitamin,dan terbentuknya senyawa-senyawa baru produk oksidasi yang dapat membahayakan kesehatan..
Kata oksidasi berarti:
 Bergabungnya suatu zat dengan oksigen
 Suatu proses menambah valensi positif atau mengurangi valensi negatif pada elemen atau ion..
 Suatu proses yang menyebabkan berkurangnya electron pada atom atau ion..

Jadi,oksidasi ternyata berbeda dengan oksigenasi yang hanya berarti suatu proses menambahkan oksigen..Oksidasi sering dikaitkan dengan adanya oksigen di udara yang mengenai bahan makanan..
Reaksi oksidasi lemak tidak jenuh pada bahan makanan oleh oksigen di udara menimbulkan bau yang tidak sedap..
Oksigen di atmosfer terdiri dari 2 macam yaitu:
1) Oksigen triplet yang bersifat radikal
Mullikan pada tahun 1928 menyebutkan bahwa sifat paramagnetic oksigen disebabkan perputaran parallel dari kedua electron luar dari sebuah molekul oksigen..Sepasang electron oksigen inilah yang disebut oksigen triplet..
Oksigen inilah yang diyakini berperan dalam kerusakan oksidasi lemak tidak jenuh..
2) Oksigen singlet
Herzberg tahun 1934 dengan spektroskopi menemukan oksigen dengan tingkatan energy yang lebih tinggi yang dikenal dengan oksigen singlet..
Oksigen ini keberadaannya tergantung pada adanya sensitizer dan cahaya serta oksigen triplet..Oksigen singlet dihasilkan dari oksigen triplet dengan melibatkan sensitizer(missal:klorofil)dan energy cahaya.

Berdasarkan penelitian,oksigen singlet lebih reaktif dibandingkan dengan oksigen triplet..Sementara reaksi oksidasi melalui 3 tahap yaitu inisiasi,propagasi dan terminasi..
Reaksi oksidasi ternyata tidak hanya merusak bahan makanan,tetapi juga dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti liver,kanker,aterosklerosis..Selain itu,juga menyebabkan penuaan dini dan mengurangi daya tahan tubuh…
Untuk menyiasati efek negatif dari oksidasi ini,dapat dilakukan denga cara memperbanyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran serta suplemen tertentu untuk meningkatkan asupan zat yang berperan sbg antioksidan untuk mencegah terjadinya kerusakan akibat reaksi oksidasi tersebut…
Akhir-akhir ini,zat antioksidan semakin booming,selain di bidang kesehatan zat antioksidan juga banyak digunakan di dunia kosmetika dan di bisnis kebugaran..


Tatanama dan symbol penulisan oksigen
Oksigen dan kerabatnya simbol Keterangan
Oksigen triplet 3O2 Memiliki 2 elektron yang tidak berpasangan,
Diradikal
Oksigen singlet 1O2 Memiliki 2 elektron yang berpasangan,
Bukan radikal
superoksida O2- Memiliki 1 elektron yg tdk berpasangan,rad
ikal dan 2 elektron yang berpasangan
ozon O3 Bukan radikal
Radikal perhidroksil HOO’ Memiliki 1 elektron tdk berpasangan
Hydrogen peroksida H2O2 Bukan radikal
Radikal hidroksil HO’ Radikal
Ion hidroksil OH Bukan radikal dan bermuatan
air H2O Bukan radikal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar