Halaman

Senin, 18 April 2011

BAHAN BAHAN SINTETIS

Populasi penduduk yang demikian pesatnya mendorong manusia berupaya mengatasi segala kekurangan dari kebutuhan manusia yang selalu meningkat…karena bahan alam tidak mungkin untuk dipertahankan lagi,maka manusia menciptakan bahan baru yang serupa dengan bahan alam yang disebut bahan sintetis.Misalnya;karet alam,plastic,serat sintetis untuk bahan pakaian,bahan pewarna,bahkan bahan makananpun sudah dapat dibuat tiruannya..
Bahan sintetis dapat menyebabkan pencemaran karena bahan-bahan sintetis yang dibuat manusia umumnya senyawa polimer yang susunannya berbeda dengan yang ada di alam,sehingga sulit untuk dihancurkan oleh mikroorganisme tanah dan air..
Beberapa bahan sintetis antara lain yaitu:
Plastic
Merupakan senyawa polimer etena atau turunan-turunannya..pembuatan plastic disesuaikan dengan keperluannya yaitu:
 Polietena(polietilen)
Polietena dibuat melalui polimerisasi adisi dari etena.Plastik ini sifatnya sangat fleksibel.Biasanya digunakan untuk kantung-kantung plastic/pembungkus,botol-botol plastic,gelas plastic atau cangkir plastic.

 Polivinilklorida(PVC)
Dibuat dari polimerisasi adisi dari vinil klorida.Plastik ini lebih kuat dari polietena.Biasanya digunakan untuk membuat pipa paralon,pembungkus kabel dan lain-lain.
Strukturnya adalah:1.struktur polietena
2.struktur polivinilkorida

 Polipropena(poliperopilen)
Merupakan polimer dari propena.Plastik ini biasanya digunakan untuk tali plastic dan untuk membuat badan perahu sebagai pengganti kayu karena kuat dan ringan.
Strukturnya adalah;

 Teflon
Merupakan polimer dari tetrafloroetena.Plastik ini sangat keras dan tahan panas,dapat digunakan sebagai pengganti logam pada mesin-mesin.
Strukturnya adalah:

 Polistirena
Merupakan polimer dari stirena atau vinil benzene.plastik ini sangat kenyal,digunakan untuk isolator arus listrik,perangkat elektronik.
Strukturnya adalah:



Serat sintetis
Untuk mengatasi kebutuhan akan serat selulosa dari kapas.Serat sintetis dibuat melalui proses polimerisasi kondensasi.
 Nilon
Adalah polimer yang terbentuk dari asam adipat dan heksana diamin.Nilon selain untuk bahan tekstil,juga digunakan untuk lapisan penguat mobil,motor dan sepeda.
Strukturnya adalah:

 Rayon
Sering disebut sebagai sutera buatan yang terbuat dari selulosa.Berdasarkan pada larutan yang digunakan dalam proses pembentukannya,maka rayon dibedakan menjadi 3 macam yaitu:
• Rayon viskosa
Dibuat dengan memasak campuran selulosa dan NaOH,kemudian ditambahkan CS2 maka terbentuklahselulosa santat yang larut dalam NaOH encer(larutan viskosa).

• Rayon cupramonium
Dibuat dengan melarutkan selulosa ke dalam larutan Cu(NH3)4OH.

 Tetoron
Tetoron adalah polimer yang dibuat dari asam para ftalat dan etandiol.Struktur tetoron yaitu:

 Nilon
Nilon adalah polimer dibuat dari asam adipat dengan 1,6 diamino heksana.
 Bakelit
Bakelit adalah polimer dibuat dari fenol dengan formaldehida
Struktur bakelit yaitu:

Karet sintetis
Karet alam merupakan polimer dari isoprem atau 2 metil 1,3 butadien.Beberapa karet sintetis yang banyak digunakan:
 Neoprene
Adalah polimer dari kloroprena atau 2 klor 1,3 butadiena.Banyak digunakan sebagai isolator pada kawat-kawat.
 Thiokol
Adalah polimer yang dibuat dari 1,2 dikloroetana(etilen diklorida) dengan natrium polisulfida.Tiokol digunakan sebagai perekat.
 SBR(Styrena Butadiena Ruber)
SBR adalah polimer yang dibuat dari butadiene dan styrene.Biasanya digunakan untuk membuat ban kendaraan.



Deterjen
Deterjen berbeda dengan sabun biasa,tetapi pada sabun dan deterjen sama-sama terdapat gugus yang bersifat hidrofob dan hidrofil.Bagian hidrofil digunakan untuk menarik air,sedangkan hidrofob untuk mengikat kotoran-kotoran yang melekat pada bahan yang dicuci.
Sabun adalah garam alkali karboksilat.Sedangkan deterjen adalah garam alkali alkil sulfat atau sulfonat..Hidrofil bersifat polar dan hidrofob bersifat nonpolar.

Berdasarkan pada rantai alkilnya,deterjen dapat dibedakan menjadi 2 yaitu:
 Deterjen jenis keras
Memiliki rantai alkil yang bercabang atau rantai lingkar.Ikatan pada rantai lingkar ini sangat kuat,sehingga tidak dapat dihancurkan oleh mikroorganisme,sehingga menimbulkan pencemaran lingkungan.
Contoh;Alkil Benzena Sulfonat(ABS)
ABS dibuat dengan mereaksikan alkil benzene dengan oleum.,lalu direaksikan dengan NaOH.

 Deterjen jenis lunak
Memiliki rantai alkil yang lurus.Ikatan antara atom-atomnya tidak kuat sehingga mudah dihancurkan oleh mikroorganisme…
Deterjen jenis lunak dibuat dengan mereaksikan alcohol suhu tinggi dengan asam sulfat pekat,kemudian direaksikan lagi dengan NaOH.


Margarine
Margarine adalah mentega buatan.Margarin disusun oleh asam-asam lemak dengan glliserol.
Pembuatan margarine:
Dibuat dari minyak tumbuh-tumbuhan.Misalnya minyak kelapa.Asam-asam bebas dalam minyak kelapa dihilangkan dengan larutan NaOH encer.Penambahan NaOH sesuai dengan banyaknya asam-asam yang sebelumnya sudah dianalisis.
Asam-asam dengan NaOH membentuk sabun.Kemudian sabun dengan minyak kelapa dipisahkan.Minyak dicuci dengan air supaya bebas dari sabun dan NaOH.
Minyak yang sudah dibersihkan selanjutnya dihidrogenasi.Dalam proses hidrogenasi minyak digunakan katalis serbuk Ni halus,dan gas hydrogen harus bersih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar